Alasan dan Rahasia Orang Padang Minangkabau Banyak yang Sukses di Watansoppeng Provinsi Sulawesi Selatan Sulsel

Diposting pada

Asli Minang Community

Basamo iko kami sampaikan Alasan dan Rahasia Orang Padang Minangkabau Banyak yang Sukses di Watansoppeng Provinsi Sulawesi Selatan Sulsel, merantau berhasil kaya, disegani, banyak pitih, dihormati, dan hidup sejahtera.

Orang Padang Sumatera barat atau Orang Minang Kabau banyak yang pergi merantau, terdapat di berbagai kota di Indonesia, dan seluruh dunia.

Banyak yang bertanya tentang apa rahasia Orang Minang sukses merantau dan berdagang, pada siapa belajar, kapan mulai merintis usaha, kenapa bisa kaya, berapa modal dan biaya yang dibutuhkan, dan bagaimana dalam penerapan di dunia nyata.

Bersama ini kami sampaikan informasi yang berdasarkan observasi, penelitian, dan data statistik tentang perdagangan dan perekonomian perantau Minangkabau dimanapun berada.

1. Orang Minang Mempunyai Hitungan Jitu

Sebagai pengusaha, maka melakukan analisa dan memiliki perhitungan yang matang adalah keharusan. Orang Minang membiasakan diri untuk memperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi dengan matang, mempersiapkan rencana yang jelas dari analisa dan perhitungan yang akurat.

2. Selalu Jujur

Dalam menjalani aktivitas keseharian, termasuk berdagang, Orang Minang selalu menjaga kejujuran. Tidak pernah mengurangi takaran timbangan, selalu mengatakan apa adanya tentang kondisi barang, baik itu kelebihannya ataupun kekurangan barang tersebut.

Bahkan tak jarang Orang Minang melebihkan timbangan untuk menyenangkan para konsumen.

3. Memiliki kemampuan analisis yang baik

Orang Padang atau Orang Minang punya keyakinan bahwa untuk menjadi seorang pebisnis unggul harus dapat menebak trend dan kecenderungan pasar yang akan terjadi di waktu ke depan.

Dengan kata lain, seorang pebisnis harus memiliki kemampuan analisis agar dapat sukses. Di sinilah seseorang yang mempunyai bakat berbisnis terlihat.

Mereka dapat menganalisis pasar dan memprediksi perkembangan pasar. Dengan itu, dipastikan mereka tidak akan ketinggalan. Namun, perlu diingat bahwa kemampuan ini harus diasah dengan banyak menyerap informasi baik melalui berita, diskusi, buku, atau pengalaman personal

4. Menjual barang berkualitas bagus

Orang Padang atau Orang Minang mempunyai prinsip berdagang lainnya yaitu menjaga kualitas barang jualan. Tidak pernah menjual barang-barang cacat. Sebab itu akan merugikan pembeli dan bisa menjadi dosa bagi si penjual.

5. Sabar dan bekerja keras

Memiliki sikap pekerja keras sangat penting saat berusaha dan bekerja. Berani dan sabar dalam bekerja bisa membuat Orang Minang menjadi orang yang dipercaya dalam berbagai tugas penting.

Melanjutkan ciri-ciri Alasan dan Rahasia Orang Padang Minangkabau Banyak yang Sukses di Watansoppeng Provinsi Sulawesi Selatan Sulsel

6. Berani Ambil Risiko

Faktor lain yang membuat Orang Minang menjadi pengusaha sukses adalah sifat berani ambil risiko. Risiko memang selalu ada dalam kehidupan, terlebih di dunia bisnis.

Namun, mengambil risiko yang dimaksud bukanlah melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang dan perhitungan matang. Risiko dilihat sebagai peluang keberhasilan bagi pengusaha sukses.

7. Mengambil keuntungan sewajarnya

Seringkali kita jumpai pedangan atau pebisnis yang menjual barangnya dengan harga jauh lebih mahal dari harga aslinya. Mereka berusaha mengambil laba setinggi mungkin tanpa memikirkan kondisi konsumen. Taktik seperti ini tidak pernah dilakukan oleh Orang Minang atau Minangkabau.

Selain menyalahi agama, menjual barang dengan harga terlalu mahal juga membuat dagangan kita kurang laku.

8. Bersikap Ramah Dengan Pembeli

Bersikap ramah, santun dan selalu tersenyum kepada pembeli juga merupakan cara berdagang Orang Minang. Apabila kita bisa bersikap baik dengan pembeli, maka pembeli pasti juga senang. Sebaliknya jika kita menunjukkan wajah judes dan cemberut tentu pembeli akan malas dan kabur, tidak akan membeli di tempat kita lagi.

9. Tidak menjelek-jelekan dagangan orang lain

Jika kita hendak berdagang, sebaiknya lakukan secara benar sesuai syariat agama. Tidak perlu kita menjelek-jelekan dagangan orang lain dengan tujuan agar semua konsumen lari menuju kita. Karena hal tersebut adalah perbuatan itu dosa.

10. Tidak mudah putus asa

Orang Minang tidak akan bisa sukses jika mudah berputus asa. Perlu kita ketahui bahwa segala seuatu membutuhkan proses. Begitupun dengan berdagang atau berbisnis. Tidak mungkin hanya sebulan, dua bulan, atau tiga bulan

Kita berhasil meraih untung berlipat ganda dan mendadak jadi kaya. Its impossible! Kecuali Allah berkehendak.

Umumnya, akan datang masa dimana Anda merasakan “terjatuh” dan jungkir balik. Dan disaat itu terjadi, satu hal yang dibutuhkan yakni semangat pantang menyerah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Sambungan tentang karakter Alasan dan Rahasia Orang Padang Minangkabau Banyak yang Sukses di Watansoppeng Provinsi Sulawesi Selatan Sulsel

11. Orang Minang Rajin Menyambung Tali Silaturahim

Silaturahim adalah salah satu kunci sukses menurut Islam. Karena dengan silaturahim maka tali persaudaraan akan terjaga. Silaturahim juga memiliki keutamaan yakni dapat meluaskan rizki seseorang dan memanjangkan umurnya.

12. Berpikir beda

Apabila ingin meraih sukses sebagai pengusaha maka Orang Minang perlu berpikir di luar kebiasaan. Pengusaha sukses biasanya mempunyai cara berpikir yang berbeda daripada orang kebanyakan.

Meskipun, perbedaan cara berpikir tersebut nantinya mendapat cibiran dari berbagai kalangan bahkan keluarga sekalipun

13. Orang Minang Rajin Berdoa dan Berdzikir

Bagaimana mungkin seseorang yang tidak pernah berdoa bisa menjadi orang yang sukses? Sementara ada ungkapan menyatakan bahwa “Usaha tanpa doa adalah hal yang sia-sia”. Sudah dapat dipastikan orang yang rajin berdoa dan berdzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala merupakan orang yang akan sukses dunia dan akhirat.

14. Selalu Berusaha Menepati Janji

Ciri-ciri orang sukses menurut Islam selanjutnya adalah mampu menepati janjinya. Sementara orang yang selalu mengingkari janjinya merupakan ciri-ciri orang yang munafik. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam surat An-Nahl ayat 91 yang artinya:

“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu melanggar sumpah setelah diikrarkan, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.” (QS An-Nahl [16] :91)

15. Menjalani tugas dengan baik

Orang Minang selalu memahami peran dan tanggungjawab pekerjaan. Hal itu juga menciptakan daya saing yang baik di hadapan konsumen dan orang lain.

16. Orang Minang Selalu Produktif

Memprioritaskan pekerjaan dan mengelola waktu dengan baik. Orang Minang tahu kapan mengerjakan sebuah tugas dan tidak menunda pekerjaan khususnya saat melibatkan orang lain.

Masih ada, Alasan dan Rahasia Orang Padang Minangkabau Banyak yang Sukses di Watansoppeng Provinsi Sulawesi Selatan Sulsel

17. Memiliki Motivasi tinggi

Orang Minang selalu memiiliki stamina untuk melakukan pekerjaan yang luar biasa. Selalu biasa menentukan laju pekerjaan yang dapat ditiru orang lain.

18. Berpikir dan bertindak positif

Orang Minang selalu bertanggungjawab pada apapun yang dilakukan, juga harus berkonstribusi positif pada pekerjaan dan pelanggan. Mereka senantiasa berpikir dan bertindak positif. Mengambil inisiatif, memberikan banyak saran dan menjadi orang yang menyelesaikan berbagai tantangan dalam pekerjaan.

19. Berani mengambil risiko

Kata kuncinya di sini adalah berani. Namun, berhati-hatilah, karena berani mengambil risiko tidak sama artinya dengan ceroboh. Berani berarti tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada di depan mata demi mencari aman.

Orang yang ceroboh berani mengambil risiko apa pun. Sedangkan orang yang berani memiliki perhitungan yang matang sebelum mengambil langkah.

Memang dalam berbisnis selalu ada risiko dan harga yang harus dibayar. Namun, tidak ada keuntungan yang datang tanpa risiko.

Dengan menjadi orang yang berani, Orang Minang berpeluang menjadi seseorang pebisnis yang bisa mengambil keuntungan dalam situasi sulit sekali pun.

20. Mudah beradaptasi

Orang Minang dapat dengan mudah menyesuaikan dan beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda, baik beda budaya, perilaku, dan iklim.

21. Tidak takut gagal

Orang Minang selalu pantang menyerah dan yakin dengan apa yang dikerjakan. Banyak orang yang sering mengalami kegagalan terlebih dahulu bahkan kerugian berkali lipat sekalipun.

Akan tetapi, semua kegagalan tersebut tidak dilihat sebagai hambatan yang menghentikan mereka untuk meraih tujuan. Justru kegagalan tersebut menjadi pemicu untuk lebih bekerja keras dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada.

Demikianlah informasi tentang Alasan dan Rahasia Orang Padang Minangkabau Banyak yang Sukses di Watansoppeng Provinsi Sulawesi Selatan Sulsel, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan